KONSEP MENYEPUH KERIS
Dhuwung: Nayawirangka 1936
Dhuwung sampun rampung pangungkalipun lajêng dipun sêpuhi, nyêpuhi punika bakunipun waos dipun bêsmi abrit lajêng kacêlup toya, waosipun lajêng dados atos. nanging manawi 'nyêpuhi' dhuwung, dipun obong sêmangus lajêng dipun cacapi sêpuh[4] tur kadhang dipun obong abrit lajêng dipun cacapi idu, sarana kadilat waradin[5] lajêng dipun bêsmi malih, manawi sampun abrit lajêng kacêlup lisah klêntik, namung sakêdhap lajêng kacêlup ing toya, lajêng dipun culik dipun ungkal landhêpipun, manawi sampun atos punika sampun pasah sêpuhipun, lajêng dipun ungkal ingkang ngantos waradin, utawi rêsik tatu sêpuh (kêmul)ipun. Rampung panggarapipun.
'Nyepuhi bilah' : bilah dibakar sampai merah kemudian dibasahi dg ludah dg cara dijilat merata kemudian dibakar lagi kalau sdh memerah dicelup minyak kelapa.
Dari tulisan Nayawirangka 1936 ada 2 hal ttg nyepuh :
1). Besi merah membara dicelup air (untuk alat2 ?)
2). Besi merah membara dijilati (biar terkena air ludah) sampai merata, kemudian dibakar lagi dan sesudah merah dicelup minyak kelapa (untuk bilah Keris?)
".. Mpu zaman dahulu sepuh jilat ngga model asal jilat, mereka secara tradisi, ada pakem dan patrapnya (pengetrapan). Krn sepuh jilat itu ritual bersih diri dengan api (lawannya air). Nuwun sewu, ngenjingaken mantra juga perlu sidhasananya yg sesuai dengan ritualnya. Besi membara itu dijoss ke air hrs tepat pemantraannya pas kita melepas napas (kerelaan). Krn sebetulnya ini ritual mengharmoniskan air dan api yg antagonis....."
( Toni Junus ; 2023. Spirit Keris Jawa).
Dalam manuskrip PBX sepuh dilat dilakukan para empu waktu itu bila dalam keadaan tergesa gesa karena tiap empu punya kebiasaan berbeda ada yang menyiapkan perangkat dan dajen penuepuhan perlu waktu 3 hari ada yang 1 hari satu malam. Sepuh dilat bisa dilakukan cepat namun sama saja ke absyahannya. mengacu serat yg ditulis Isteri Patih Djojonegoro. GRAy. Adp. Djojonegoro.
Empu Bandi adalah sosok langka di dunia perkerisan saat ini. Langka, karena dalam membuat sebilah keris, Empu Bandi selalu menggunakan cara-cara tradisional dalam membabar sebilah keris. Cara-cara lama ini, antara lain, melakukan laku puasa, menyiapkan sesaji, dan semedi nyenyuwun mring Gusti Allah agar bisa membuat keris baik dan bermanfaat. Selain itu, aturan atau pakem waktu, kapan waktu memulai dan menyelesaikan pembabaran keris juga diugemi (diikuti). Berapa lama puasanya, tergantung, bentuk keris yang akan dibabar. Sedangkan untuk ubo rampe sesaji, antara lain berupa kembang setaman, sego golong (segenggam nasi bulat), sego gurih, jajan pasar, tumpeng, asahan, jenang abang empat warna, ayam cemani hidup, kelapa, gula Jawa dan daun-daunan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar