Jumat, 11 Oktober 2019

KAJIAN METALURGI Bahan Kawali (Badik) dan Besi Tempa

KAJIAN METALURGI 
Bahan Badik  (Kawali) dan Besi Tempa 
Jenis Bahan Baku dan Metalurgi
oleh; KRT. Cahya Surya Harsakya S.Sn., M.Sn.
Anggota Lembaga Badik Celebes dan Pemerhati Pusaka Nusantara  


Kawali Raja


MEKANGKANG, nama jenis bahan besi untuk membuat Badik, ada dua macam yaitu Mekangkang Urane dan Makunrai, tuah dari Mekangkang Urane baik untuk prajurit, bisa menambah wibawa, warnanya hitam keunguan dan jika diamati teliti seakan mempunyai semacam urat urat halus tetapi kalau diraba permukaannya halus lumer dan kalu dijentik berbunyi dengung yang panjang. Untuk Mekangkang Makunrai warnanya ungu tua kebiruan, pada permukaannya seolah tersebar kristal kecil yang membiaskan warna kebiruan, jika dijentik berbunyi dengung pendek. Konon baik untuk pegawai agar disayang atasan.
NGLEMPUNG (Malela) , jenis besi yang penampilannya mempunyai kesan padat dan matang tempaan. Besi yang nglempung seolah tidak berpori sehingga tidak gampang kropos.
BESI KUNING, atau wesi kuning sebutan senjata tradisional yang terbuat logam bewarna kuning biasa berbentuk pangot, patrem, golok pendek, badik kecil, tubang dan orang orang tua mengatakan bahwa besi kuningan merupakan campuran unsure besi, timah putih, perak, seng, timbal, tembaga, emas. Dipercaya mempunyai kekuatan gaib menjadi orang kebal terhadap senjata lain.
GOTHITE, mineral besi terdiri dari trioksida besi yang terikat air berwarna kekuningan, merah dan kecoklatan, rumus kimianya Fe2O3.H2O. besi ini kurang baik untuk bahan pusaka karena mudah keropos dan berpori.
ILMENIT, jenis material besi terdiri dari trioksida besi-titanium, berwarna hitam metalik atau setengah metalik, banyak dijumpai dalam pasir besi, terkenal dengan nama pasir Ilmenit. Rumus kimianya Fe2O.TiO2. 
KARANG KIJANG, BESI, penamaan atas salah satu jenis besi, menurut Ronggowarsito, besi Karang Kijang adalah besi yang berurat, uratnya seperti air laut, warnya hitam kebiruan.  
KATUB, jenis besi pembuat keris, berwarna hitam kehijauan, hijau seperti rumput layu.
MALELA KENDAGA, penamaan jenis besi bahan keris atau pusaka lainnya yang pada permukaan seolah bertaburan kristal kecil yang mengkilap. Keristal keristal yang berkerlip akan tampak terang jika bilah keris itu akan tampak terang bila bilah keris itu dalam keadaan putih bersih. Sebagian pecinta keris membedakan Malela menjadi Pasir Malela dan Malela Kendaga, yang Pasir Malela maka kerlipnya membiaskan warna putih keperakan sedang Malale Kendaga berwarna kuning emas. Keris dengan besi ini biasanya keris lama karena pengolahan bahan pasir besi menjadi besi tidak sempurna.
MALIK,  nama jenis besi bahan pembuatan pusaka, permukaannya kasar dan warnanya hitam keabu-abuan, jika dijentik dengungnya sember, menurut para ahli  tuah besi ini buruk sehingga pemiliknya sukar mencari rejeki.
MINETTE, jenis mineral besi berwarna coklat terdiri dari trioksida besi terikat air dengan rumus kimia Fe2O3H2O.
SIDERIT, mineral besi terdiri dari kristal-kristal karbonat besi. Mineral ini berupa kelabu putih kekuningan, atau kecoklatan  dengan permulaan yang mengkilat, rumusnya FeCO3. dalam dunia keris maka bahan ini biasa dipakai  untuk batu bahan pamor yang hanya mengandung besi saja. Pada bilah keris, pamor dari bahan ini warnanya hitam dan umunya dinamakan Pamor bercak hitam. Ada yang menyebut pamor wulung.

 
WALULIN, jenis besi pembuat keris, tetapi sedikit sekali pengetahuan mengenai bahan ini, ada yang mengatakan  besi ini agak berpori, kering dan warnanya abu-abu kehitaman.
WELANGI, jenis besi pembuat keris warnanya kuning kehijauan dan tuahnya baik untuk mencari rejaki. Namum menurut buku kuno, pemilik keris ini tidak boleh menghutangkan atau membungakan uang.
WERANI, jenis besi pembuat keris, warnanya hitam keunguan, menurut buku kuno sebagai senjata besi ini ampuh sekali.
WINDUADI, sejenis besi pembuat keris dan tosan aji lainnya berwarna pucat dengan kristal bening keperakan menyebar dipermukaan. Menurut pecinta keris, bahan ini sangat ampuh dan kalau dibawa perang maka pembawanya tidak terlihat musuh.
LEMME' (Reduksi Bahan Fosil Besi) . Bahan Lemme' merupakan hasil dari logam yang sudah tertanam lama dalam tanah dan masih utuh tanpa terkena perubahan dari karat yang sangat parah, sehingga tidak hancur total. Bahan Lemme' merupakan bahan besi yang terbaik, karena masih utuh dalam tanah selama puluhan bahkan ratusan tahun (fosil besi). bahan lemme' merupakan bahan yang sudah membentuk benda (bukan pasir besi mentah) melainkan barang - barang tua seperti potongan parang, peralatan bercocok tanam, jangkar tua, pasak kapal tua, peluru meriam, bahkan bila beruntung dapat berupa senjata yang sudah ditempa.  
* KRT. Cahya Surya Harsakya S.Sn., M.Sn. 

2 komentar:

  1. Gak ada yang kasih kritikan dan koreksi ini... hehehehehehe....

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas informasinya pak, tapi bahan lemme yg bapak jumpa yg paling baik. Itu bahan lemme dari apa? (Jangkar atau ada yang lain?

    BalasHapus