Rabu, 16 Oktober 2019

Pencucian Bilah Badik Temuan Mattaompang

Pencucian Bilah Badik Temuan 

Tradisi dapat ditunjukkan dari hasil budaya yang masih ditemui, baik yang sederhana maupun modern. Hal ini merupakan kemajuan pola pikir nenek moyang kita dalam berkarya baik secara fisik maupun non fisik. Sebagai hasil teknologi, kebudayaan fisik cepat mengalami perkembangan. Kebudayaan sendiri merupakan kumpulan pengetahuan yang secara sosial diwariskan dari generasi berikutnya yang memiliki kelemahan dan keunggulan, oleh karena itu, tidak ada kebudayaan yang sempurna.
Mattaompang ( pencucian dan pembersihan ) pusaka merupakan salah satu cara merawat benda benda pusaka seperti badik dan keris yang di anggap memiliki tuah.
 
 
 
 
 
 
Kegiatan komunitas dalam Mattaompang bertujuan untuk mendekatkan generasi muda dengan tradisi yang masih ada di dalam lingkungannya, supaya generasi muda dapat mencintai budaya lokal sendiri dan juga tradisi ini sebagai ajang silahturahmi.

Pusaka merupakan simbol tersendiri bagi pemiliknya. maka dari itu dijaga agar terhindar dari korosi dan karat besi yang membuat besi tersebut tidak awet. karat sendiri dapat menghancurkan pusaka yang berumur cukup tua, sehingga dalam merawatnya memerlukan cairan khusus dan dalam tradisinya memerlukan jeruk sebagai netralisisr dan merawat pusaka agar tidak korosi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar